Tuesday, January 27, 2015
Akomodasi Perjalanan Bisnis
· Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan akomodasi
perjalanan bisnis:
- Pemesanan kamar hotel sebaiknya dilakukan sehari
sebelumnya, bisa dilakukan melalui telepon, faksimile, atau pesan
langsung saat tiba di hotel. Gunakan nama pemesan yang benar sesuai KTP
untuk memudahkan pengecekan.
- Check In dilakukan
pada saat memesan kamar di bagian reservation (pemesanan) atau front
office (resepsionis). Petugas akan memberitahu tentang beberapa
fasilitas serta sarana yang dimiliki hotel.
- Check Out , pada
umumnya hotel menentukan waktu check out sekitar antara pukul 12.00
– 14.00 di hari terakhir menginap, di mana tamu hotel kemudian menyerahkan
kunci kamar dan memeriksa barang-barang yang dibawa. Biasanya dalam proses
check out, resepsionis akan menghubungi bagian-bagian di hotel
tersebut, seperti restoran, kafe, bar untuk mengetahui fasilitas apa saja
yang telah digunakan oleh tamu yang belum dibayar.
- Cara pembayaran, biasanya pembayaran dilakukan pada
saat check in, sesuai lamanya waktu menginap dan kelas kamar yang
dipilih, pembayaran ini hanya untuk biaya kamar. Untuk biaya-biaya lain,
seperti makan minum dibayar langsung setelahnya (saat check out).
Tetapi ada pula beberapa hotel yang memakai sistem pembayaran kamar dan
fasilitas lainnya dilakukan pada saat akan check out.
Perjalanan bisnis menggunakan transportasi darat (mobil dan
kereta api)
§ 1.
Perjalanan bisnis menggunakan mobil
§ a) Hal-hal yang harus dipersiapkan apabila perjalanan bisnis
dilakukan dengan menggunakan kendaraan mobil, antara lain:
Surat-surat, seperti SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan, Kartu Asuransi, KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan surat-surat lainnya.
Surat-surat, seperti SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan, Kartu Asuransi, KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan surat-surat lainnya.
§ b) Membawa peta dan rute perjalanan yang akan dilalui.
§ c) Memeriksa kondisi mobil sampai layak jalan.
§ d) Menyiapkan rencana perjalanan, seperti memeriksa kembali
janji dan jadwal pertemuan, mencatat nomor telepon dan alamat perusahaan yang
menjadi mitra bisnis.
§ e) Memeriksa kembali kelengkapan surat-surat yang diperlukan
pimpinan.
§ f) Menyerahkan kepada pimpinan semua dokumen perusahaan yang
diperlukan dalam perjalanan bisnis tersebut.
§ 2.
Perjalanan bisnis menggunakan kereta api
§ a) Hal yang harus dipersiapkan apabila perjalanan bisnis
menggunakan kereta api, antara lain:
Usahakan mendapatkan tiket kereta api sebelum jadwal keberangkatan.
Usahakan mendapatkan tiket kereta api sebelum jadwal keberangkatan.
§ b) Dapatkan konfirmasi dari bagian informasi tentang jadwal
keberangkatan dan kedatangan di stasiun tujuan serta konfirmasi tentang ada
tidaknya penundaan keberangkatan.
§ c) Menyiapkan rencana perjalanan, seperti memeriksa kembali
janji dan jadwal pertemuan, mencatat nomor telepon dan alamat perusahaan yang
menjadi mitra bisnis Anda.
§ d) Memeriksa kembali kelengkapan surat-surat yang diperlukan
pimpinan.
§ e) Menyerahkan kepada pimpinan semua dokumen perusahaan yang
diperlukan dalam perjalanan bisnis tersebut.
7. Hal-hal yang harus disiapkan ketika melakukan perjalanan
bisnis menggunakan transportasi udara, antara lain:
§ · Dapatkan tiket pesawat sebelum jadwal keberangkatan.
§ · Periksa kembali masa berlaku paspor dan visa pimpinan (untuk
perjalanan ke luar negeri).
§ · Dapatkan mata uang asing dan travelers cheque.
§ · Pastikan semua barang yang dibawa tidak melebihi berat
maksimum yang telah ditentukan.
§ · Memeriksa kembali kelengkapan surat-surat yang diperlukan
pimpinan.
§ · Menyerahkan kepada pimpinan semua dokumen perusahaan yang
diperlukan dalam perjalanan bisnis tersebut.
§ · Usahakan ada penjemputan di bandara tujuan.
§ · Menyiapkan rencana perjalanan.
8. Hal yang perlu diperhatikan oleh administrasi
kantor/sekretaris dalam menyusun perencanaan transportasi perjalanan bisnis,
yaitu sebagai berikut.
§ Ø
Efisiensi dan efektivitas dalam menentukan jenis
transportasi yang digunakan.
§ Ø
Transportasi untuk saat keberangkatan, kepulangan, dan
transportasi yang digunakan di lokasi pertemuan bisnis (bila diperlukan).
§ Ø
Menentukan jenis transportasi yang digunakan, seperti:
§ • memakai kendaraan dinas atau kendaraan pribadi pimpinan,
• memakai kereta api atau rental mobil,
• memakai biro jasa,
• memakai jasa maskapai penerbangan.
• memakai kereta api atau rental mobil,
• memakai biro jasa,
• memakai jasa maskapai penerbangan.
Dalam menentukan jenis transportasi di atas, seorang
administrasi kantor/sekretaris harus sudah mengetahui dengan pasti
tempat/lokasi perjalanan bisnis pimpinan.Faktor lamanya jangka waktu pertemuan
bisnis akan menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis kendaraan. Jika
menggunakan kendaraan dinas biasanya hanya untuk 1–2 hari, tetapi bila waktunya
lebih dari dua hari akan lebih efektif menggunakan jasa biro jalanan kereta
api, atau kendaraan pribadi pimpinan.Dalam menyusun rencana transportasi,
sebaiknya administrasi kantor/sekretaris harus memiliki daftar lengkap
tentang:nama dan alamat biro-biro perjalanan,nama-nama maskapai
penerbangan,jadwal perjalanan kereta api.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment